Begini Cara Membuat Website Penjualan Untuk Bisnis di Era Digital

Cara Membuat Website Penjualan – Ingin memulai bisnis online tapi bingung harus mulai dari mana? Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat website penjualan toko online yang menarik bagi calon konsumen. Namun bagaimana cara membuat website penjualan bisnis online dengan mudah?
Membuat website bisnis online tidak memerlukan kemampuan membuat website. Nah, pada artikel kali ini Anda akan mengetahui cara membuat website penjualan bisnis online dengan mudah dan sederhana. Dengan itu, Anda bisa membuka bisnis online sendiri dan mulai menjadi bisnis yang sukses.

Cara Membuat Website Penjualan Bisnis Online

Jika Anda ingin memulai bisnis online, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki toko online yang menarik dan profesional.

Pesan Web Hosting dan Domain

Sebelum memesan web hosting dan domain, Anda perlu menentukan kebutuhan Anda terlebih dahulu. Perhatikan jenis website yang ingin Anda buat, ukuran website, jumlah pengunjung yang diharapkan, dan fitur-fitur yang dibutuhkan seperti email hosting, SSL, dll. Pilih paket web hosting dan domain yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda . Biasanya, paket web hosting akan mencakup biaya domain, ruang penyimpanan, bandwidth, dan fitur tambahan seperti SSL.
Setelah memilih paket web hosting dan domain, daftarkan domain yang Anda inginkan. Jika domain yang Anda inginkan tidak tersedia, coba pilih domain serupa atau tambahkan kata kunci yang terkait dengan bisnis atau situs web Anda.

Instal WordPress

Pastikan penyedia web hosting yang Anda pilih mendukung WordPress dan memiliki fitur untuk menginstal WordPress dengan mudah. Buat akun dan masuk ke panel kontrol hosting. Setelah mendaftar dengan penyedia web hosting, buat akun dan masuk ke panel kontrol hosting Anda. Download dan install WordPress di control panel hosting Anda, cari opsi untuk mendownload dan menginstal WordPress.
Beberapa penyedia hosting menyediakan opsi sekali klik untuk menginstal WordPress. Konfigurasikan pengaturan WordPress Setelah menginstal WordPress, Anda akan diminta untuk mengatur pengaturan awal seperti bahasa, nama situs, dan deskripsi situs. Pilih tema WordPress Pilih tema WordPress yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya desain situs Anda.

Instal Plugin Toko Online (WooCommerce)

Berikut langkah-langkah menginstal WooCommerce, plugin toko online untuk WordPress:

Masuk ke Dasbor WordPress

Masuk ke dashboard WordPress Anda menggunakan akun administrator.

Buka Halaman Plugin

Di panel navigasi kiri, pilih opsi “Plugin” dan klik “Tambah Baru”.

Cari plugin WooCommerce

Pada halaman “Tambah Baru”, cari plugin WooCommerce menggunakan kolom pencarian di kanan atas halaman. Ketik “WooCommerce” pada kolom pencarian, lalu tekan tombol “Search”.

Pilih plugin WooCommerce

Pilih plugin WooCommerce dari hasil pencarian yang muncul dan klik tombol “Instal Sekarang” untuk menginstal plugin.

Tunggu hingga proses instalasi selesai

Setelah mengklik tombol “Instal Sekarang”, proses instalasi plugin akan dimulai. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Aktifkan plugin WooCommerce

Setelah proses instalasi selesai, aktifkan plugin WooCommerce dengan mengklik tombol “Aktifkan”.

Konfigurasi plugin WooCommerce

Setelah mengaktifkan plugin WooCommerce, Anda akan diarahkan ke halaman konfigurasi. Di halaman ini, Anda akan diminta untuk melakukan konfigurasi dasar seperti pengaturan mata uang, alamat pengiriman, opsi pembayaran, dan lain-lain.
Itulah langkah-langkah dasar untuk menginstal plugin WooCommerce dan membuat toko online menggunakan WordPress. Setelah menginstal plugin WooCommerce, Anda dapat memodifikasi desain toko online sesuai kebutuhan Anda.

Menyelesaikan Website dan Menambah Produk

Pastikan website toko online Anda responsif dan dapat diakses melalui berbagai perangkat, seperti desktop, laptop, tablet, dan smartphone. Hal ini penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik dan meningkatkan potensi penjualan. Dan juga memastikan proses pembelian mudah dan cerah bagi pelanggan. Gunakan antarmuka yang jelas dan sederhana, sertakan berbagai opsi pembayaran yang mudah digunakan, dan berikan opsi pengiriman yang cepat dan andal.
Setelah melakukan konfigurasi dasar, Anda dapat mulai menambahkan produk dan kategori ke toko online Anda. Di dasbor WooCommerce, pilih opsi “Produk” dan klik “Tambah Produk” untuk menambahkan produk baru. Untuk menambahkan kategori, pilih opsi “Kategori” dan klik “Tambah Kategori”. Pastikan gambar produk yang Anda gunakan berkualitas tinggi dan menampilkan produk dengan jelas. Gunakan beberapa gambar yang menampilkan produk dari sudut berbeda untuk membantu pelanggan memahami detail produk dengan lebih baik.
Kalau Anda bingung, Anda bisa menggunakan Jasa pembuatan website yang pastinya lebih efisien dan hemat. Hubungi segera Punca digital agency