• Tue. May 17th, 2022

Warta Kawan

Memberi Inspirasi Untuk Negeri

Karakteristik, Klasifikasi, Dan Kegunaan Pohon Trembesi

ByMuulan

Oct 29, 2021

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam karena letaknya cukup strategis. Semua jenis flora bisa tumbuh subur pada Indonesia, walaupun tempat asal aslinya dari dari luar benua Asia. Salah satunya merupakan pohon trembesi.

Pohon ini termasuk jenis flora pelindung yg acapkali ditemukan pada pinggir jalan ataupun kebun-kebun pedesaan. Karena ukurannya yg sangat akbar & rindang, trembesi tak jarang dijadikan tempat berteduh atau seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan berbagai jenis furniture trembesi. hal itu dikarenakan kayu trembesi mempunyai karakteristik kayu yang tahan lama serta mudah dalam hal perawatan. salah satunya adalah banyaknya dibuat berbagai furniture kayu trembesi untuk melengkapi desain interior rumah.

Pohon Trembesi

Sesuai menggunakan maknanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, trembesi adalah sejenis pohon yg mempunyai kayu sangat keras. Selain keras, tumbuhan ini jua mempunyai berukuran sangat besardan tinggi hingga mencapai puluhan meter.

Kekuatan batang trembesi membuat poly orang yg memanfaatkannya buat berbagai keperluan.  Misalnya sebagai tanamanpelindung di pinggir jalan. Lantaran batangnya kokoh, penanaman pohon ini di pinggir jalan nir akan dikhawatirkan roboh.

Selain itu, sebagian orang juga ada yang sengaja membudidayakan pohon ini buat diambil batangnya. Terlebih permukaan btg trembesi pula memiliki tampilan unik dan menarik apabila dimanfaatkan buat kepentingan dekorasi.

Persebaran tumbuhan trembesi di berbagai negara & kepulauan Indonesia, membuatnya memiliki banyak nama lain. Nama atau julukan ini diberikan oleh rakyat sesuai bahasa dan budaya mereka. Beberapa nama lain dari pohon ini adalah:Pohon Pukul Lima, yakni julukan pada negara Malaysia.Cay Mura, julukan di negara Vietnam. Jamjuree, julukan berdasarkan negara Thailand.Munggur, pada Jawa.Ki Hujan, Sunda Jawa Barat.Kayu Ambon, perkampungan Melayu. Samanea saman, nama internasional pada seluruh dunia.

Klasifikasi Ilmiah

Jika memakai pembagian terstruktur mengenai secara ilmiah, trembesi bisa dikelompokkan menjadi taksonomi yang sudah diurutkan mulai berdasarkan Kingdom hingga spesiesnya. Berikut tabel klasifikasi ilmiah flora trembesi: Taksonomi Klasifikasi KeteranganKingdom PlantaeJenis makhluk hidup berupa tumbuhan Sub KingdomTracheobionta Tanaman yang mempunyai pembuluh Super Divisi Spermatophyta Jenis tanaman yg berbiji Divisi Magnoliophyta Tumbuhan berbiji tertutup Class Magnoliopsida Termasuk dikotil atau berkeping dua Sub Class Rosidae Satu sub kelas dengan bunga mawarOrdoFabalesTumbuhan berbunga dalam kelas rosidae Family Fabaceae Tumbuhan dikotil jenis polong Genus Albizia Genus pohon yang mampu tumbuh dengan cepat Spesies Albizia saman Nama ilmiah trembesi Ciri Khas Tanaman Trembesi.

Dilihat menurut bentuknya, trembesi mempunyai ciri khas yg membedakannya dengan tumbuhan pelindung lainnya. Mulai menurut bentuk pohon secara keseluruhan, hingga detail bunganya. Berikut ciri khas yg sanggup ditinjau dari flora trembesi.

1. Pohon

 Tanaman trembesi mempunyai ukuran yang sangat besar& tinggi. Rata-homogen ketinggiannya mulai dari 15 hingga 20 meter. Ketinggian ini sangat ditentukan oleh usia pohon yang bisa bertahan puluhan tahun, sehingga sanggup berkembang sangat aporisma.

 Jika dipandang berdasarkan jarak yang agak jauh, pohon ini memiliki tajuk yg seperti dengan payung. Didukung dengan banyaknya daun yg membuatnya terlihat sangat rindang.

2. Akar

 Akar trembesi memiliki kekuatan yg sangat baik karena bisa menancap ke bagian tanah yang sangat pada.  Selain dalam, rambatan akar juga sangat luas. Inilah yang menciptakan trembesi harus ditanam pada area yg sangat luas supaya tidak merusak perkembangan akarnya.

3. Batang

 Karena pohon ini sangat tinggi, tentu batangnya juga sangat tebal. Bahkan diameter dari batang primer trembesi sanggup mencapai 2 meter. Batangnya mirip dengan pohon akbar dalam umumnya, yakni coklat kehitaman dan memiliki permukaan kasar beralur.

4. Dahan

 Dahan trembesi memiliki cabang yang sangat banyak dan cukup panjang. Bentuk dahannya jua tidak monoton misalnya pohon dalam umumnya. Ada beberapa bagian dahan yang terlihat lebih besar , bergelombang, sampai terlihat menggembung.

5. Daun

Salah satu ciri spesialberdasarkan daun trembesi yang sangat menonjol merupakan sifatnya yg sensitif terhadap air. Ketika terkena tetesan air hujan, daun trembesi mampu melipat secara otomatis. Sementara waktu kemarau, lipatan tersebut terbuka kembali. Tulang daun pada trembesi berbentuk menyirip.

6. Bunga

Trembesi pula memiliki bunga yang relatif menarik. Biasanya biji yang terdapat pada bunga ini dijadikan benih buat dibudidayakan. Bentuk bunganya menyerupai perpaduan bulu yg menyatu membentuk bunga. Warna ujungnya kemerahan, sedangkan bagian tengah sampai ke bawah berwarna putih.

7. Buah

Trembesi memiliki butir yang berbentuk memanjang seperti kacang polong yg belum dipanen. Di dalamnya pula masih ada bakal biji yg sanggup dijadikan benih buat dibudidayakan. Pada biji yg belum matang berwarna hijau, ad interim yang sudah siap dibudidayakan berwarna coklat.Persebaran dan Habitat Trembesi di Alam

Tanaman trembesi tersebar pada aneka macam benua, khususnya benua Amerika dan Asia. Persebaran ini ditentukan oleh trend yg disukai sang trembesi, yakni ekspresi dominan tropis dan subtropis. Tanaman ini dalam dasarnya memang berasal menurut benua Amerika, khususnya di negara Brasil, Meksiko, dan Peru.

Sementara buat daerah Asia, persebaran pohon ini hingga ke negara Malaysia, Thailand, Vietnam, India, dan Indonesia. Bahkan khusus di Indonesia, trembesi beredar di semua wilayah kepulauannya.

Trembesi termasuk tanamanyg mudah tumbuh dan berkembang biak. Tidak heran jika tumbuhan pohon ini poly tumbuh liar walaupun nir dibudidayakan.  Selama berada pada iklim subtropis & tropis, cuaca ekstrem tidak akan menghalangi pertumbuhannya.

Kondisi ini menciptakan ketersediaan tumbuhan trembesi sangat melimpah pada alam. Terlebih sejak kayunya banyak dimanfaatkan buat mebel, tentu semakin poly juga orang yang membudidayakannya buat memperoleh laba irit.

Keunikan Tanaman Trembesi

Walaupun telah mempunyai karakteristik khas berdasarkan bentuk fisiknya, trembesi jua mempunyai poly keunikan dari sifat tanamannya yg sporadis diketahui orang. Sifat-sifat tumbuhan trembesi bahkan sulit ditemukan pada tumbuhan pelindung lainnya, yaitu:Tinggi pohon bisa mencapai 30 meter.Usia tumbuhan ini jauh lebih lamadibandingkan pohon lain, yakni mencapai 100 hingga 600 tahun.Kemampuan menyerap karbondioksida sangat tinggi, yaitu 28 juta ton setiap tahunnya.Daun trembesi bisa menurunkan suhu udara sampai 4 derajat celcius.Memiliki kanopi lebar & tajuk penetes air.Menjadi galat satu pohon yg masuk pada acara pemerintah, yakni 1 juta pohon trembesi buat setiap provinsi. Penanaman dua.767 trembesi pada jalur Semarang – Kudus sudah memberikan donasi penyerapan karbondioksida hingga 28,8 juta kilogram setiap tahun.

Penggunaan Trembesi

Penggunaan flora trembesi di Indonesia sangat banyak dan cukup beragam. Hal ini ditentukan sang manfaat yg diberikan oleh tumbuhan, baik buat insan ataupun lingkungan. Beberapa penggunaan trembesi yang poly ditemui sampai waktu ini merupakan:

1. Untuk Reboisasi

 Lantaran mempunyai kemampuan menyerap karbondioksida yang sangat baik, maka tumbuhan ini poly dipakai buat penghijauan. Beberapa hutan gundul yang sulit ditanami umumnya direboisasi dengan trembesi.

2. Sebagai Tanaman Peneduh Jalan

 Bentuk tajuk yang melengkung dan didukung menggunakan batang relatif tinggi, membuat trembesi banyak digunakan menjadi tumbuhan peneduh jalan. Di sepanjang jalan yang panas & jarang tumbuh pohon, sengaja ditanami trembesi supaya lebih rindang & sejuk.

3. Sebagai Pencegah Pencemaran Udara

 Udara tercemar & beracun poly disebabkan oleh polusi udara & zat karbondioksida yg dikeluarkan manusia. Oleh karena itu, dalam daerah yang padat penduduk dan banyak polusi misalnya di perkotaan memanfaatkan flora trembesi buat pencegahan pencemaran udara

4. Memperindah Lingkungan

Tampilan pohon yang rindang & teduh pula sering membuatnya dimanfaatkan sebagai penghias lingkungan agar terlihat indah. Banyak taman dan padang rumput yang luas menggunakan flora trembesi untuk memperindah tampilannya dan menarik pengunjung yang datang.

5. Sebagai Bahan Dasar Bangunan

Penggunaan trembesi sebagai bahan dasar bangunan telah bukan menjadi misteri lagi. Saat ini sudah banyak orang yg sengaja membudidayakan tanamanini buat dijual dalam produsen pengolah kayu. Beberapa bahan bangunan  yg diciptakan menurut trembesi misalnya meja dan kursi.

6. Bahan Makanan

Walaupun terdengar asing, sebagian minimasyarakat yang terdapat pada Indonesia sengaja memasak biji trembesi sebagai makanan ringan atau makanan ringan. Pengolahannya seperti dengan kuaci dalam biji bunga surya.